Be Frutarian

Tuesday, August 19th, 2008, By
Filed under: Portofolio Social Media Marketing Think.Web

Tahukah Anda:

“Sebanyak 60,44% dari masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi satu porsi buah per harinya atau bahkan kurang.”
(BPS, Survei Sosial Ekonomi, 2004)

Fakta-fakta ini baru gue ketahui ketika membantu client kami Buavita-Unilever.
Agak kaget juga, Indonesia sebagai negara yang memiliki bermacam-macam buah dan sangat mudah didapat tapi justru pemakan buah nya sangat rendah.

Karena alasan ini Buavita melakukan campaign makan buah & minum juice nya. Lebih spesific lagi, campaign yang mereka lakukan adalah mengajak orang untuk hidup lebih sehat dengan makan 2 buah dan minum 1 gelas juice setiap harinya selama 21 hari (3 minggu).

Think.Web ditunjuk oleh Buavita untuk menjawab objective mereka di online media, yaitu:

  • Mendukung campaign mereka
  • Membentuk komunitas

Maka hadirlah www.be-frutarian.com.

Website ini berisi semua fakta-fakta mengenai buah dan juice, kemudian ada article tentang kesehatan, tips dan lainnya.
Buavita menamakan orang-orang yang selalu menyehatkan tubuhnya dengan buah dengan nama Frutarian.
Untuk yang mau ngecheck sudah segimana level Frutarian lo bisa ngecheck di Frutarian Meter.
Jadi member website ini kalo merasa diri lo Frutarian, atau at least lo adalah orang yang peduli dengan kesehatan badan lo.

Untuk Social Media Optimizing nya campaign ini kita membuat beberapa hal:

  • Blog for Duta Frutarian (Nirina & Darius). Ini juga untuk membantu SEO nya web be-frutarian.com.
  • Facebook Application & Page
  • Web Badge. Untuk mereka yang merasa dirinya Frutarian, maka mereka bisa memasangkan badge ini di website/blog/profile mereka.
  • dan masih ada beberapa hal lainnya.

Salah satu tantangan terbesar dari project ini adalah membentuk komunitas dan menumbuhkan gengsi dari komunitas tersebut.
Study case kami adalah komunitas Bike to Work. Kami menganalisa kenapa komunitas ini bisa menjadi besar dan orang-orang yang tergabung didalamnya punya gengsi sendiri. Ada banyak faktor yang memicu komunitas ini menjadi besar, mulai dari masalah ekonomi karena BBM yang naik terus, issue global warming, menjadi lebih sehat dan lainnya.
Dan memang biasanya komunitas yang ‘minor’ kalau makin besar pasti terbentuk gengsi sendiri.
Kami berharap hal yang sama juga bisa terjadi di komunitas Frutarian.

Website ini akan didukung oleh beberapa activity lainnya baik online maupun online. Saat ini hal tersebut masih dalam penggodokan antara kami dan pihak client.

Tim inti project Be-Frutarian:
Web Designer: Citra Pramadi
Blog Theme: Abdullah Alaydrus
Web Programmer: Khalid Adisendjaja
Web Content: Stefani Ananda & Citra Mega
Flash & Facebook Application: Endi Hamid
Project Manager: Reno Dewan
Account Executive: Prahastuti Ardhiani

brain.think.web.id is a
blog of ramya & anantya

Powered by Wordpress.
All rights is now also lefts. 2010