Let Them Build You

Friday, January 2nd, 2009, By
Filed under: General Product

Image source: http://www.smule.com/products

Banyak sekali hal menarik dari iPhone (atau Ipod Touch) application. Saya bisa ikutan kecipratan seru nya aplikasi-aplikasi ini karena saya menggunakan iPod Touch.

Pada sebuah iPod Touch ada banyak sekali element yang kemudian terkait satu dengan yang lainnya, misal: Accelerometer: fungsi dasarnya untuk menentukan rata sebuah permukaan. Di iPod Touch fungsi ini digunakan untuk menentukan posisi baca screen secara otomatis. Misal saat melihat list album, saat dalam posisi vertical maka bentuknya list, tetapi kalau kemudian kita rotate 90° menjadi posisi horizontal maka bentuk tampilannya menjadi seperti slide show.

Belum lagi kombinasi accelerometer, touchscreen dan speaker nya. Nah kalau iPhone lebih banyak lagi. Karena di iPhone ada Bluetooth, GPS, dan lainnya.
Bayangkan, makin banyak kombinasi nya makin banyak hal yang bisa menjadi menarik.

Pertanyaannya adalah mampukah kita (sang produsen) untuk memikirkan segala sesuatu nya? Kadang kita yang berada pada posisi “yang membuat” jadi ter fokus hanya pada fungsi-fungsi utama nya. Tapi justru orang lainlah yang bisa melihat dari sisi lain dan memanfaatkan (atau membuat) menjadi hal lain yang lebih menarik. Yes, let the crowd out there perfected your brand or product. Ijinkan audience untuk menyumbangkan sesuatu untuk perkembangan brand. iPhone dan iPod Touch punya banyak sekali additional application yang dibuat secara independen.

Smule, sebuah perusahaan pembuat aplikasi iPhone, kali ini membuat Ocarina.
Aplikasi ini menjadikan iPhone menjadi sebuah instrumen musik!! Can you imagine? Kapan orang pernah berpikir bahwa sebuah handphone bisa menjadi ‘alat’ lain yang BUKAN untuk menelpon (atau fungsi lain yang sudah terintegrasi seperti digicam, music player, atau lainnya)? Yang pasti, para pembuat handphone pasti tidak akan memikirkan hal ini ketika mereka pertama kali membuat sebuah produk handphone baru.

Jadi lebih menarik lagi karena aplikasi ini (Ocarina) memungkinkan kita mendengar secara langsung dimanapun orang yang sedang memainkan ‘alat musik’ ini.

Liat aja video nya:

[youtube]RhCJq7EAJJA[/youtube]

It’s just the beginning folks. Like I said, a lot of things that we can explore. Think the possibilities!!

brain.think.web.id is a
blog of ramya & anantya

Powered by Wordpress.
All rights is now also lefts. 2010