Dibelakang (digital things) Kami Tidak Takut – #indonesiaunite (1st Part)

Wednesday, July 29th, 2009, By
Filed under: Featured Personal Rama Social Media Marketing

indonesiaunite-part0117 Juli 2009 jam 9 pagi saya baru terbangun setelah baru pulang 3 jam sebelumnya. Bangun agak kesiangan karena hari itu orang-orang rumah semua lagi pergi ke Bandung. Saya terbangun setelah mendengar suara telpon. Dan kemudian di TV ada sebuah tontonan yang beda dari biasa.

(image credit: antobilang)

AH SHITTT!!! BOM LAGI!!!

That’s exactly my word saat itu. Marah, geram, kesal, sedih, semua campur-campur.

Masih dengan agak terbengong dan ngantuk, berusaha mencerna dimana lokasi terjadinya. Dan sambil mulai membaca Twitter timeline saya, pingin tahu udah seberapa rame pembicaraan di Twitter. Dan ternyata memang bener, sudah banyak yang membicarakan hal itu. Mulai dari kejadian di lokasi, dan kemudian yang paling hangat adalah “Manchester United jadi dateng nggak ya?”.
Saat itu juga saya sadar akan imbas besar yang terjadi terhadap (online) public figure luar negri untuk datang ke Indonesia.

I was on the mission mengajak beberapa orang dari luar untuk datang &  bicara kepada brand-brand di Indonesia mengenai Digital Marketing/Internet Marketing. Lebih-lebih ada kepada salah satu perusahaan besar saya agak memaksa karena memang pertumbuhannya sangat pesat di Indonesia.
Tapi dengan kejadian ini kan buyar semua jadinya.
Sorry to say, sepertinya brand-brand di Indonesia lebih percaya kepada mereka mereka yang berambut pirang dan speak in english dibanding kita-kita orang lokal yang kebetulan sudah duluan berada di internet industry.

Arggghhhh!!! saat itu makin kesal with those idiot yg mikirin isi kepalanya sendiri (this is the reason kenapa buat mereka nggak masalah ketika kepala nya putus dari badan nya akibat bom bunuh diri, ’cause what they’re thinking is only their head).

Entah gimana gue teringat dengan salah satu lagunya Pandji di album ke 2 nya yang baru rilis awal Juli kemarin. Tentang sebuah pernyataan sikap tidak takut atas intimidasi terorisme. Dan gue merasa orang perlu denger lagu ini. Judulnya “Kami Tidak Takut”.

Upload! upload! upload! tapi kemana ya. I was trying upload to Pandji’s Facebook Page at that time, tapi koneksi Facebook beberapa minggu kemaren lagi bener-bener payah. Second thought is YouTube, tapi gimana caranya, YouTube hanya untuk video. MySpace? terlalu ribet, koneksi lama, musti delete salah satu lagu dari list yang lama dulu.

(Think.Web adalah salah satu pihak yang membantu Pandji dibelakang channel-channel onlinenya. Ini kenapa dikepala saya yang muncul cuman channel2 nya dia). Selain itu, ini lagu dia juga, akan lebih baik kalau keluar dari channel nya dia sendiri. Cuman aja memang kita belum sempet naikin lagu2 album baru nya.

Pilihan termudah saat itu adalah jatuh ke Imeem. Saya sengaja membuat banyak channel social media untuk Pandji dengan tujuan ada dimana-mana. Dalam Social Media Marketing (SMM) salah satu hal yang perlu dilakukan adalah ada dimana-mana (dengan kepentingan mengamankan account/domain juga) tetapi fokus dibeberapa tempat saja (yang ramai target marketnya).

Upload selesai, dan this is my first tweet:

Kami Tidak Takut – Pandji Pragiwaksono

Dalam hitungan 4 menit sudah 10 RT (ReTweet/Forward Tweet) yang terjadi. Dan kemudian terus sambung-menyambung dan semakin banyak. Gue ikuti semuanya lewat Twitter Search “Kami Tidak Takut”.

Ini hasil statistik dari Imeem yang gue capture per hari ini:

KTT-stat-imeem-01a

KTT-stat-imeem-01b

KTT-stat-imeem-02

Tapi ini nggak cukup, musti ada channel lain untuk men-support juga. Soalnya, Imeem tidak (belum) terlalu populer di Indonesia. YouTube jauh lebih populer. Di SMM kalau ingin sesuatu terpopulasi dengan baik maka harus dilakukan di social media yang memang banyak digunakan orang. Banyak digunakan yang ini maksudnya adalah juga kepada kemudahan orang untuk menyebarkan. Fungsi share, embed, fasilitas dari web service lain juga jadi penting.

bersambung…

Posting-poting ini sengaja saya bikin bersambung supaya nggak terlalu panjang di 1 posting.
On the next post saya akan cerita soal video klip “Kami Tidak Takut”, website Indonesiaunite.com, dan hal-hal lainnya.

brain.think.web.id is a
blog of ramya & anantya

Powered by Wordpress.
All rights is now also lefts. 2010