When the DC Super Heroes coming to town

Wednesday, April 6th, 2011, By
Filed under: General Think.Web

Saya bukan penggemar komik sejati. Saya suka, tapi hanya beberapa yang saya baca dan beberapa yang saya simpan.

Kalau membaca dari Wikipedia mengenai komik di Indonesia kita mengalami beberapa paruh masa. Di era tahun 30an komik-komik adalah terkait dengan perjuangan bangsa. Baru di tahun 50an, R.A. Kosasih, bapak komik Indonesia, mulai mengadopsi komik Amerika menjadi bentuk super hero Indonesia, Sri Asih.
Sri Asih merupakan ‘lokalisasi’ dari Wonder Woman, sebuah karakter yang diterbitkan DC Comics di tahun 1941.

Di tahun 70an ketika industri film Indonesia menjadi raja, ada juga film super hero yang muncul. Film yang saya ingat adalah Rama Superman Indonesia (kesamaan nama bukan faktor kesengajaan :D).
Sampai hari ini rasanya belum ada lagi film layar lebar super hero yang dibuat lagi di Indonesia.

Kenapa sih saya membahas mengenai komik?

Saat ini, di industri Digital Agency Indonesia, mulai berdatangan memulai langkahnya masuk ke Indonesia. Beberapa tidak terlalu sulit, karena memang sudah ada perusahaan terdahulu yang establish di Indonesia. Misal dalam bentuk brand agency, advertising agency, activation agency, PR agency, atau lainnya.

Kebetulan yang datang mengetuk pintu kami, membuka kesempatan maupun tertarik dengan Think.Web namanya kebanyakan berakhiran ‘man’ atau ‘an’. Kok seperti kedatangan Superman, Batman, Wonder Woman ya… 😀

Lepas dari nama, apa sih yang kemudian terjadi pada industri ini kedepan nantinya? Digital Industri di Indonesia masih ‘perawan’ sekali, demikian kalau kata Sarah Lacy saat dia di interview.

In this early era, disaat ‘supe hero’ asing masuk ke Indonesia, sikap seperti apa yang sebaiknya diambil oleh ‘jagoan-jagoan’ lokal?
Kita tentunya nggak mau sekedar jago kandang. Dunia juga perlu mendengar bahwa Indonesia punya potensi kreatif dan produksi berkelas dunia. Bukan hanya soal market nya saja yang melulu di garap uangnya.

Globalization means come in to Indonesia, and come out to bigger world.

What do you think?

 

brain.think.web.id is a
blog of ramya & anantya

Powered by Wordpress.
All rights is now also lefts. 2010