5 Strategi Marketing Media Sosial untuk Tingkatkan Brand Awareness

Memiliki brand awareness yang tinggi merupakan salah satu kunci sukses dari sebuah brand. Apalagi di era digital seperti sekarang, di mana persaingan bisnis semakin ketat.

Brand awareness menggambarkan kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat sebuah merek. Tingkatan brand awareness yang semakin tinggi akan mempermudah brand tersebut untuk mendapat konsumen baru, dan juga mempertahankan konsumen lama. Oleh karena itu, sebuah tim marketing dari sebuah brand perlu melakukan riset dan mempelajari perilaku konsumen, supaya bisa menciptakan strategi marketing yang efektif dan sesuai dengan target pasarnya.

Salah satu sarana yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan strategi marketing adalah media sosial. Karena di era digital seperti sekarang, konsumen akan selalu mengakses media sosial dalam keseharian mereka — sehingga memiliki potensi pemasaran yang sangat besar.

Mengapa perlu meningkatkan brand awareness?

Sebuah merek yang dikenali oleh para konsumen adalah merek yang sukses. Karena dengan mudah, konsumen bisa mengingat merk kamu ketika ingin membeli suatu produk atau layanan. Beberapa manfaat lainnya dari memiliki brand awareness yang tinggi adalah:

  1. Meningkatkan loyalitas konsumen
  2. Membangun citra brand
  3. Dapat menjadi pondasi jika brand ingin melakukan ekspansi
  4. Memudahkan pengenalan produk atau layanan baru untuk ke depannya
  5. Meningkatkan daya saing dari brand

Dengan meningkatkan brand awareness, Anda bisa menentukan pondasi yang kuat untuk berkembangnya brand Anda.

Kemudian, bagaimana caranya melakukan marketing media sosial?

5 Cara Strategi Marketing Media Sosial

Setelah Anda memahami pentingnya brand awareness, ada beberapa strategi marketing media sosial yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan brand awareness tersebut:

Tentukan Fokus ke Platform yang Tepat

Alih-alih memanfaatkan semua platform media sosial yang ada, Anda bisa mulai meningkatkan brand awareness di satu platform yang sesuai dengan target audience Anda. Ini supaya terhindar dari marketing yang tidak efektif, karena belum tentu semua platform media sosial rajin diakses oleh para target audience. Dengan ini, seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambahkan fokus marketing ke platform lainnya.

Lakukan Content Marketing Sesuai dengan Platform

Sesuaikan konten yang akan Anda buat sesuai dengan platform yang dipilih. Ini dalam rangka memaksimalkan marketing yang ada lakukan di platform terpilih. Misalnya, jika ingin melakukan marketing di Instagram, Anda perlu menyiapkan visual statis dan motion yang bisa menarik para audiens. Apabila Anda ingin melakukan marketing di Twitter, Anda perlu menyiapkan teks copy yang bisa menarik para audiens. Sesuaikan kebutuhan konten dengan platform yang Anda gunakan.

Membangun Citra yang Konsisten di Setiap Platform

Dengan memiliki citra yang konsisten, Anda akan memiliki sebuah ciri khas yang membuat brand Anda mudah diingat oleh para audiens. Ini bisa dicapai dengan desain atau warna visual tertentu, atau panggilan khas untuk para target audiens di copy.

Aktif Berinteraksi dengan Para Audiens

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah menjaga interaksi dengan para target audiens yang ada di platform media sosial Anda. Ini bisa dengan rajin membalas komentar para audiens, atau rajin membuat konten yang mengundang interaksi, dan lain sebagainya.

Melakukan Event dan Activity

Selain konsisten dalam membuat konten marketing, Anda juga perlu membuat variasi konten dengan membuat event atau activity berhadiah. Ini contohnya seperti kuis, atau acara festival.

Bagaimana cara mengukur kesuksesan brand awareness?

Meskipun brand awareness tidak dapat diukur melalui angka pasti, ada beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk memantau perkembangannya. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Engagement di media sosial
  2. Traffic di website Anda
  3. Pencarian di Google
  4. Mengadakan survei brand recall

Dengan menentukan hasil dari brand awareness ini, Anda dapat mengevaluasi dan menyusun strategi marketing sosial media untuk kedepannya.

Think.Web bersedia membantu Anda menyusun strategi marketing yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan brand Anda. Didukung dengan evaluasi berkala, kami dapat menentukan langkah yang tepat agar bisa mewujudkan target brand awareness yang Anda inginkan. Jika ingin informasi lebih lanjut, silahkan cek website kami di: www.think.web.id

WANT TO KNOW MORE? CONTACT US

Ruko Golden Plaza Fatmawati (Lotte Fatmawati) Blok E No. 41-42 Jakarta 12420 Indonesia
+62 21 72787478 | web@think.web.id

Reach Us Here
Reach Us Here